Widget edited by Thiz Iz Qee

Analisis Skripsi


ANALISIS SKRIPSI YANG BERJUDUL “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK KOMIK UNTUK MENUNJANG KEGIATAN PEMBELAJARAN TIK”



YANG DISUSUN OLEH :
SUCI AMALIA
NIM 0800767


Oleh:
RIFQI TRYANANDA RULLIANDI
NIM 1606036
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ILMU KOMPUTER
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2016



Carilah salah satu skripsi yang berkaitan dengan jurusan Anda di perpustakaan. Berdasarkan skripsi tersebut kerjakanlah soal berikut.
1.   Bacalah kata pengantar dan ucapan terima kasih dalam skripsi tersebut dan kritisi dari segi penggunaan ragam bahasanya (sertai kalimat pendukung/kutipan untuk argumen Anda)!
2.   Cari dan tulis sepuluh penulisan ejaan (baik penggunaan tanda baca, huruf, kata maupun penulisan unsur serapan) yang tidak sesuai EBI kemudian perbaiki ketidaksesuaian itu!
3.   Pilihlah diksi yang berhubungan dengan bidang Anda dan tentukan maknanya!
4.   Pilihlah sepuluh kalimat kemudian tentukan pola kalimatnya!
5.   Pilihlah lima paragraf kemudian tentukan teknik pengembangannya!



Identitas Skipsi


A. Judul : Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbentuk Komik Untuk Menunjang Kegiatan Pembelajaran TIK
B. Penulis : Suci Amalia (0800767)
C. Tahun : 2012



Jawaban
1. Menurut saya kata pengantar dan ucapan terimakasih dalam skripsi yang berjudul “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbentuk Komik Untuk Menunjang Kegiatan Pembelajaran TIK” ini penggunaan ragam bahasanya sudah menggunakan ejaan yang benar dengan penggunaan kalimat yang efektif dan sesuai EBI. Kalimat yang dapat mendukungnya yaitu pada kata pengantarnya, “Tak henti-hentinya lisan ini mengucap syukur Illahi Rabbi, berkat Inayah dan Hidayah-Nyalah, penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan baik dan lancar”. Serta dalam ucapan terimakasih cukup rinci yang mencerminkan rasa terimakasihnya terhadap semua pihak yang telah membantu.
2.   Penulisaan ejaan yang tidak sesuai EBI
a.       Pada halaman ke-1, pada kalimat “… berilmu dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cakap, kreaktif, mandiri dan menjadi …”.
Terdapat kesalahan ejaan pada kata ‘kreatif’, seharusnya “…berilmu dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi …”.
b.       Pada halaman 7, terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital pada kata kalimat subbab dari subbab. Yaitu:
b.       Manfaat praktis
Seharusnya:
b.    Manfaat Praktis
a.       Pada halaman ke-24, pada kalimat “… suatu proses yang menjadi inti dari kegiatantransfer of knowledge dan transfer of action dari guru kepada …”.
Terdapat kesalahan pada penggunaan spasi, setelah kata ‘kegiatan’ tidak ada spasi, seharusnya “… suatu proses yang menjadi inti dari kegiatan transfer of knowledge dan transfer of action dari guru kepada …”
b.       Pada halaman ke-34, terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital pada kata kalimat pertama subbab dari subbab. Yaitu:
1. Tahap Analisi
a.       Studi literatur
b.       studi lapangan
Seharusnya:
1. Tahap Analisis
a.       Studi literatur
b.       Studi lapangan
e.      Pada halaman ke-50, pada kalimat, “… dilakukan juga survey lapangan terhadap …”.
Terdapat kesalahan pada penggunaan kata ‘survey’, seharusnya “… dilakukan juga survei lapangan terhadap …”.
f.        Pada halaman ke-56, terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital pada kata kalimat pertama subbab dari subbab. Yaitu:
2. Premium page flip
Seharusnya:
2. Premium Page Flip
g.     Pada halaman 56 terdapat kesalahan penggunaan bahasa serapan, kata ‘Processor’ seharusnya ditulis ‘Prosesor’. Jika tetap menggunakan ‘Processor’, maka harus ditulis miring karena merupakan bahasa asing.
h.     Pada halaman 62 terdapat kesalahan penggunaan kata asing, ‘Inking’ seharusnya ditulis miring menjadi ‘Inking’
i.       Pada halam 72 terdapat kesalahan penggunaan kata baku, ‘kontium’ yang seharusnya tertulis ‘kontinum’
j.       Pada halaman 83 terdapat kalimat “… beberapa tipe-tipe hardware dan kompone-komponen …”
Terdapat kesalahn penggunaan kata pada kata ‘hardware’ yang seharusnya ditulis miring menjadi ‘hardware

c.    Diksi yang terdapat pada kalimat “Bertolak dari uraian diatas, maka komik dipilih sebagai alternatif pembelajaran TIK dengan tujuan untuk menciptakan multimedia yang menarik dan komunikatif sebagai sarana pembelajaran TIK”, bermakna bahwa komik dapat dijadikan alternatif pembelajaran TIK karena dapat menciptakan sarana pembelajaran yang menarik serta mudah dimengerti.
d.   Sepuluh kalimat dengan pola kalimatnya:
a)     Menteri Mohammad Nuh (2011) dalam situs dikdas.kemdikbud.go.id
S
mengungkapkan "Komik dapat menumbuhkan dan melatih daya imajinasi anak
            P                                                          O
melalui gambar yang ditampilkan sehingga nantinya mereka dapat menjadi
                                    O
kelompok inovator."
                        O
b)     Karl Koenke (1981) mengatakan bahwa komik bisa mengarahkan siswa untuk
S                      P                                  O
disiplin membaca khususnya mereka yang tidak suka membaca atau yang
O              P                                         Pel
memiliki kekhawatiran akan kesalahan.
                                    Pel
c)     Kepada semua pihak yang banyak membantu dan tidak mungkin
S                                  P                      Pel
disebutkan satu-persatu.
            Pel
d)     Dede dan kawan-kawan yang telah bersedia membantu penulis dalam
S                                              P
pembuatan komik.
            O
e)     Naraswari Kiki yang telah bersedia membantu penulis dalam
S                      P                                  O
menyumbangkan idenya dalam desain rancangan komik yang akan
            P                                              O
dikembangkan.
            O
f)      Ria Anggraeni selaku rekan seperjuangan yang telah memberikan
S                      O                                             P
dorongan dan nasehat-nasehatnya kepada penulis untuk segera
            P                                                          O
menyelesaikan penyusunan skripsi.
            O
g)     Siswa-Siswi Kelas VII SMP Bustanul Ulum yang telah bersedia
S                                              P
berkooperatif dan membantu penulis selama melakukan penelitian ini.
            P                                              O
h)     Ibu Yoyon selaku pengurus Yayasan Bustanul Ulum yang telah
            S                                  O
membantu, memberikan arahan kepada penulis selama melakukan penelitian.
            P                                  P                                              O
i)      Bapak Drs. Enjang Ali Nurdin, M.Kom selaku Pembimbing I dalam penyusunan
                                                                        S
            skripsi ini yang telah memberikan bimbingan dan arahan bagi
                                    P
penulis untuk menyelesaikan penelitian dan penyusunan skripsi ini.
                                                O
j)      Bapak Wahyudin, M. T. , Bapak Dr. Wawan Setiawan, M.Kom, Bapak
                                    S
Dr.Dedi Rohendi, MT. , Bapak Surachman dan Ibu Elyana H, S.Pd, M.Si
                                    S
yang telah menyempatkan waktunya untuk memberikan validasi
                                                            P
multimedia, memberikan arahan dan masukan terhadap multimedia yang
            P                                                          Pel
dikembangkan.


e.    Lima paragraf dengan teknik pengembangannya:
a.       Media dikenal sebagai alat bantu belajar dan mengajar yang sering kali terabaikan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan : waktu persiapan mengajar terbatas, sulitnya menentukan media pembelajaran yang tepat, biaya yang minim, dan lain sebagainya. Untuk itu penulis berinisiatif mengembangkan multimedia yang merupakan penggunaan berbagai macam media pembelajaran  (teks, audio, visual, dan lain-lain) berbentuk komik sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi juga sebagai trigger bagi siswa SMP untuk pengetahuan yang lebih matang.
Paragraf ini meenggunakan teknik pengembangan contoh-contoh.
b.       Komik merupakan susunan gambar bercerita dan memberikan pesan- pesan terhadap pembacanya (McCloud, 2008:3). Komik dibuat untuk menarik minat pembaca dan mempermudah pembaca untuk memahami pesan yang disampaikan. Hal ini sejalan dengan Romi Satria Wahono yang menegaskan bahwa bahan ajar yang dirubah menjadi komik bukanlah hal baru di Jepang. Hal ini dilakukan untuk menarik minat baca dan mempermudah pembaca dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan. Lebih lanjut, Scout McCloud memberikan pendapat bahwa komik dapat memiliki arti gambar-gambar serta lambang lain yang ter-jukstaposisi (berdekatan, bersebelahan) dalam urutan tertentu, utuk menyampaikan informasi dan/ atau mencapai tanggapan estetis dari pembacanya.
Paragraf ini menggunakan teknik pengembangan definisi luas.
c.       Mardika (2008: 13) mengungkapkan bahwa tahapan analisis merupakan tahapan yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang relevan mengenai perlunya pengembangan multimedia. Sementara Munir (2008: 196) mengungkapkan bahwa tahapan analisis ini merupakan tahap ditetapkannya tujuan pengembangan software, baik bagi pelajar, guru dan maupun bagi lingkungan. Munir lebih lanjut menjelaskan, untuk keperluan tersebut, maka analisis dilakukan dengan kerjasama antara guru dengan pengembang software dengan mengacu pada kurikulum yang digunakan (Munir, 2008: 196). Oleh karena itu, untuk menetapkan tujuan tersebut dan mengumpulkan informasi yang relevan, maka pada tahap analisis ini kegiatan yang dilakukan adalah studi literatur dan studi lapangan.
Paragraf ini menggunakan teknik pengembangan teknik klasifikasi.
d.       Sudarsono (2005: l) mengungkapkan bahwa flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program. Lebih lanjut, Sudarsono (2005: 5) menjelaskan bahwa flowchart program merupakan keterangan yang lebih rinci tentang bagaimana setiap langkah program atau prosedur sesungguhnya dilaksanakan. Flowchart ini menunjukkan setiap langkah program atau prosedur dalam urutan yang tepat saat terjadi. Pada flowchart digunakan simbol-simbol khusus untuk menggambarkan urutan-urutanprosedur dari suatu program.
Paragraf ini menggunakan teknik pengembangan definisi luas
e.       Berkaitan dengan komik yang paling disukai siswa. Dari 32 orang responden, sebanyak 28.13% (9 orang) mengatakan menyukai naruto, dan sisanya 71.88% (23 orang) mengatakan lain-lain diantaranya yaitu conan, doraemon, shincan, dll. Dari pertanyaan ini bisa dilihat bahwa banyak komik yang disukai oleh siswa. Dan rata-rata komik yang disukai yaitu produksi dari jepang. Hal ini menunjukkan bahwa siswa menyukai komik asal jepang. Dengan begitu dalam pengembangan multimedia pembelajaran komik ini akan dibuat penggambaran gaya jepang.
Paragraf ini menggunakan teknik pengembangan perbandingan dan pertentangan.



Writer : Rifqi Tryananda Rulliandi ~ Simple, But No Simpler

Post Analisis Skripsi published by Rifqi Tryananda Rulliandi on Thursday, November 3, 2016. I hope this posts will be helpfull, Thanks fo visiting. And leave the comment! 0 comment
 
Comments
0 Comments

0 Comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...